YouTube
adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan
karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna
mengunggah, menonton, dan berbagi video. Wikipedia
Didirikan: 14 Februari 2005, San Mateo, California, Amerika
Perusahaan induk: Independen (2005–2006); Google (2006–sekarang)
Jenis usaha: Anak perusahaan Google, perusahaan berkewajiban terbatas
Daftar akun: Opsional (untuk melihat video bertanda, komentar bertanda, dan mengunggah video)
1. Tidak ada batasan durasi untuk mengunggah video.
Hal ini yang membedakan youtube dengan beberapa aplikasi lain yang mempunyai
batasan durasi minimal waktu semisal instagram, snapchat, dan sebagainya.
2.
System pengamanan yang mulai akurat. Youtube
membatasi pengamanannya dengan tidak mengizinkan video yang mengandung sara,
illegal, dan akan memberikan pert anyaan konfirmasi sebelum menggunggah video.
3.
Berbayar. Saat ini seperti yang sedang menjadi
viral dimana-dimana, youtube memberikan penawaran bagi siapapun yang mengunggah
videonya ke youtube dan mendapatkan minimal 1000 viewers atau penonton maka
akan diberikan honorarium. (Theoldman, 2011)
4.
System offline. Youtube mempunyai fitur baru
bagi para pengguna untuk menonton videonya yaitu system offline. System ini
memudahkan para pengguna untuk memonton videonya pada saat offline tetapi
sebelumnya video tersebut harus didownload terlebih dahulu.
5.
Tersedia editor sederhana. Pada menu awal
mengunggah video, pengguna akan ditawarkan untuk mengedit videonya terlebih
dahulu. Menu yang ditawarkan adalah memotong video, memfilter warna, atau
menambah efek perpindahan video. Pemanfaat Youtube yang lebih nyata dan
langsung aplikatif terhadap berbagai keperluan dan kebutuhan pengguna seperti
yang tertera dibawah ini :
1. Memberikan Layanan Gratis
Secara umum, Youtube menawarkan layanan gratis khususnya untuk menikmati dan
mengakses video-video yang masuk dalam sistemnya. Ini berarti bahwa untuk
mengakses video apapun, seorang pengguna tidak perlu memiliki akun premium atau
membayar sejumlah uang dalam skala waktu tertentu. Paling banter, seorang
pengguna harus membeli pulsa dan menggunakan kuotanya untuk mengakses
video-video yang menarik perhatiannya. Selain itu, pengguna dapat mengakses
video-video tersebut secara gratis. Ketentuan yang sama juga berlaku pada
layanan mengunggah atau menampilkan video dan membuatnya accesible oleh
pengguna dan khalayak ramai.
2. Men-download (Unduh) Beberapa
Video Tertentu Youtube memungkinkan pengguna untuk mengunduh beberapa
video-video tertentu. Video yang demikian biasanya berukuran HD atau High
Definition sehingga jika seorang pengguna ingin menonton sebuah video
berkali-kali, ia hanya perlu mengunduhnya. Setelah berhasil terunduh, sebuah
video dapat disimpan di gadget masing-masing untuk dinikmati kapanpun tanpa
menggunakan sambungan internet.
3. Mengakses dan Berbagi
Informasi seputar Hal-Hal Teknis Banyak pengguna yang mengakses Youtube untuk
mengetahui cara-cara melakukan beberapa hal tertentu, seperti demo memasak,
cara menggunakan aplikasi dalam komputer atau telepon pintar, meracik jamu dan
obat herbal, mendaur ulang sampah, cara praktis melakukan berbagai hal yang
awalnya Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 262 rumit
atau tidak efektif, mengasah berbagai skill dan lain sebagainya.
4. Mengakses Video Streaming
Mengakses video streaming, baik live maupun tidak, merupakan manfaat lain yang
ditawarkan Youtube. Siaran yang ditayangkan di televisi lokal, nasional bahkan
internasional bisa diakses melalui Youtube, baik siaran tersebut tengah atau
telah disiarkan.
5. Mengenalkan dan Memasarkan
Produk Sebagian besar pengguna Youtube juga menggunakan media sosial ini untuk
menguatkan dan memajukan bisnis yang tengah dikelola. Memasarkan sebuah produk
di dunia daring tak ubahnya membuka gerai baru yang dapat melayangi pelanggan
dan konsumen dalam jumlah yang lebih besar. Ini utamanya cocok untuk para
pebisnis online yang memasarkan dan mengenalkan produknya bermodal gadget dan
sambungan internet. Hal ini juga semakin membuktikan bahwa manfaat jaringan
komputer sangatlah dibutuhkan untuk mengkoneksikan banyak orang dalam satu
lingkup, yaitu internet.
6. Mengakses Video Informatif
Jika kita memerhatikan acara dan siaran TV belakangan, seringkali kita akan
banyak bertemu dengan keterangan bertuliskan Courtesy: Youtube di bagian bawah
layar televisi. Hal tersebut menandakan bahwa tim kreatif acara tersebut banyak
menggunakan Youtube sebagai referensi dalam menyusun konten acaranya. Ini
sekaligus juga menandakan bahwa ada banyak sekali informasi yang bisa
didapatkan hanya dengan mengakses Youtube, mulai dari video tentang berita
terkini, berita lawas atau sejarah, video dokumenter mulai dari yang
profesional hingga amatir, video tematik hingga video ensiklopedik dan lain sebagainya.
7. Mendukung Industri Hiburan
Youtube membantu pengguna untuk mengakses video yang mereka inginkan semisal
video clip dari penyanyi atau band kesayangan, film dari aktor, aktris atau
sutradara favorit, tayangan yang sedang in dan lain sebagainya. Sebagian dari
video tersebut merupakan video bergenre hiburan, termasuk streaming siaran
hiburan yang mereka lewatkan, sehingga kehadiran Youtube di sini sangat
berperan penting dalam menyukseskan dan memajukan industri dunia hiburan.
Itulah mengapa, para insan industri hiburan juga memanfaatkan keadaan yang
demikian dengan mengiklanlan siarannya di Youtube.
8. Menguatkan Branding Lembaga /
Insititusi Selain rutin dikunjungi oleh para pebisnis yang ingin memasarkan
produk, siswa yang ingin mengetahui video ilmiah terkait pelajaran yang mereka
terima di sekolah, pengguna yang ingin mengetahui banyak informasi tentang hobi
atau gaya hidup yang mereka miliki, Youtube juga digunakan sebagai media
branding lembaga atau organisasi. Ini utamanya terkait dengan penguatan profil
lembaga serta ekspansi untuk mendapatkan peluang kerjasama atau suntikan dana
dari lembaga penyandang dana. Dengan merekam aktivitas rutin yang terjadi di
dalam suatu lembaga atau lembaga-lambaga binaannya, khalayak dapat memiliki
gambaran lebih utuh mengenai suatu organisasi tertentu. Jurnal Komunikasi
KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 263
9. Mengetahui Respon dan Komentar
Khalayak Fitur ‘suka’ dan ‘komentar’ dalam Youtube sangat memudahkan pengguna
yang mengunggah dan membagi sebuah video tertentu untuk mengetahui respon dan
komentar konsumen terhadap kualitas maupun konten videonya. Ini tentu sangat
berharga sebagai bahan evaluasi dan referensi dalam membuat video berikutnya
10. Memfasilitasi Pengguna
Menguasai Skill Dasar Membuat Video Youtube memungkinkan mereka—secara
otodidak—belajar mengutak-atik video dan menambah kualitasnya. Ini misalnya
dapat dilihat dalam fitur Youtube Editor. Meskipun fitur yang ditawarkan jauh
lebih sederhana dan sedikit dibanding aplikasi edit video lainnya, layanan ini
sangat cocok untuk pengguna. Minimal, mereka dapat mengetahui cara
menggabungkan, memutar, memotong, slow motion hingga menemukan hak cipta musik
gratis untuk ditambahkan kepada video yang dibuat pengguna. Fitur-fitur lain
juga sangat membantu dan memanjakan pengguna untuk lebih nyaman dan mudah
menikmati videovideo yang masuk dalam sistem Youtube. Beberapa di antaranya
adalah Feather Beta Youtube, Youtube Charts, Youtube Disco, Youtube Leanback,
YoutubeMySpeed,Youtube Live dan lain sebagainya. New Media Menurut (McQuail,
2011) dalam bukunya Teori Komunikasi Massa, ciri utama media baru adalah adanya
saling keterhubungan, aksesnya terhadap khalayak individu sebagai penerima
maupun pengirim pesan, interaktivitasnya, kegunaan yang beragam sebagai
karakter yang terbuka, dan sifatnya yang ada di mana-mana. Adapun perbedaan
media baru dari media lama, yakni media baru mengabaikan batasan percetakan dan
model penyiaran dengan memungkinakan terjadinya percakapan antar banyak pihak,
memungkinkan penerimaan secara simultan, perubahan dan penyebaran kembali
objek-objek budaya, mengganngu tindakan komunikasi dari posisi pentingnya dari
hubungan kewilayahn dan modernitas, menyediakan kontak global secara instan,
dan memasukkan informan modern/akhir modern ke dalam mesin aparat yang
berjaringan. Membandingkan media baru untuk mencetak, fotografi, atau televisi
tidak akan pernah memberitahu kita keseluruhan cerita. Karena meskipun dari
satu sudut pandang media baru memang jenis lain dari media, dari lain itu hanya
jenis tertentu dari data komputer. (Roiu, 2008) Teori media baru merupakan
sebuah teori yang dikembangkan oleh Pierre Levy, yang mengemukakan bahwa media
baru merupakan teori yang membahas mengenai perkembangan media. Dalam teori
media baru, terdapat dua pandangan, pertama yaitu pendangan interaksi social
membedakan media menurut seberapa dekat media dengan model interaksi tatap
muka. Kedua, pandangan integritas sosial : pendekatan ini menggambarkan media
bukan dalam bentukinformasi, interaksi, atau penyebarannya,tetapi dalam bentuk
ritual atau bagaimana manusia menggunakan media sebagai cara menciptakan
masyarakat dengan menyatukan masyarakat dalam bentuk rasa saling memiliki.,
yang membedakan media menurut kedekatannya dengan interaksi tatap muka. Teori
ini mempunyai asumsi bahwa karena bentuk dan kecanggihan serta kemanjaan yang
ditawarkan oleh Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 264
media baru, audience lebih cenderung untuk pasrah dan secara konstan menerima
dirinya untuk ‘disuntik’ oleh pesan yang disampaikan media. Pierre Levy
memandang World Wide Web (WWW) sebagai sebuah lingkungan informasi yang
terbuka, fleksibel dan dinamis, yang memungkinkan manusia mengembangkan
orientasi pengetahuan yang baru dan juga terlibat dalam dunia demokratis
tentang pembagian mutual dan pemberian kuasa yang lebih interaktif dan
berdasarkan pada masyarakat (wikipedia, 2007) Kategori dari New Media terdiri
dari 6 bagian:
1. Interaktif (Interactive),
media baru diakui paling interaktif meskipun di media lama sudah banyak yang
dapat bersifat dua arah seperti kuis, ngobrol, dan sebagainya dengan penonton
dirumah tetapi itu tetap melalui tahap seleksi atau gatekeeping dari media
tersebut.
2. Hipertekstual (Hypertextual,)
berarti setiap informasi yang sudah ada di media lama seperti televisi, radio,
dan surat kabar kembali dimasukan kedalam media baru dengan tampilan yang sudah
disesuaikan dengan tampilan media baru. Hal ini digunakan sebagai database
perpindahan media dari media lama ke media baru sehingga informasi yang dahulu
tidak hilang begitu saja
3. Jaringan (Network), jaringan
berarti didalam media baru internet terdapat beberapa jaringan yang saling
menguatkan untuk mempermudah orang menemukan dan menggunakan internet dalam
mencari informasi. Jaringan-jaringan ini antara lain adalah The World Wide Web
(www), Website perusahaan/negara/pejabat, Website edukasi, MPORPGs, ‘persistent
worlds’, Situs Media Sosial, blog networks, Forum Online dan sebagainya.
Jaringan ini memperkuat media baru dan juga mejadi salah satu kunci dari media
baru.
4. Dunia Maya (Virtual),
Karakteristik ini menjadi karakteristik yang melemahkan bagi media baru
internet, karena sifatnya yang maya sehingga identitas seseorang atau kelompok
di dalam media baru internet ini menjadi tidak jelas dan tidak bisa dipercaya
sepenuhnya. Proses gatekeeping yang bebas mengakibatkan hal ini menjadi masalah
bagi media baru internet
5. Simulasi (Simulated). Dalam
zaman digital memiliki hubungan yang dekat dengan peniruan atau simulasi.. Media
baru menirukan beberapa dari media lama yang masih bisa diangkat dimasukan
kedalam media baru. Khalayak pengguna media baru juga akan meniru apa informasi
yang dia dapat didalam media baru ke dunia nyata yang mempengaruhi hidupnya.
6. Digital, dalam dunia digital
semua diproses menggunakan mesin yang digerakkan oleh sistem informasi yang
diolah oleh kode atau nomor yang dibuat oleh manusia. Dalam hal ini media
komunikasi dan representasi biasanya terbentuk dari suara dan cahaya yang telah
dikodekan dalam suatu sistem. Seperti foto yang dulunya analog menjadi foto
digital, dan sebagainya. Kode-kode ini kemudian dimasukan kedalam sebuah memori
digital yang digunakan sebagai database. Kemunculan media baru turut memberikan
andil akan perubahan pola komunikasi masyarakat. Media baru, dalam hal ini
internet sedikit banyak mempengaruhi cara individu bekomunikasi dengan individu
lainnya.
Internet di kehidupan
sekarang hadir untuk Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016
265 memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi.
METODE Waktu dan Tempat Penelitian Waktu penelitian akan berlangsung sekitar
2-3 bulan, yaitu dimulai pada bulan Maret hingga Mei 2016. Lokasi penelitian
akan dilakukan sesuai lokasi pertemuan MakassarVidGram (disesuaikan). Teknik
Penentuan Informan Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan
Non-Probability Sampling yaitu sampel dipilih sebagai informan berdasarkan
pertimbangan tertentu yaitu mampu memberikan data dan informasi yang dibutuhkan
dalam penelitian ini. Informan yang dipilih pada penelitian kali ini yaitu
Komunitas Makassar Video Instagram (MakassarVidGram). Teknik Pengumpulan Data
a. Data Primer
1. Wawancara Mendalam (Depth
Interview) Metode wawancara yang peneliti gunakan yaitu wawancara mendalam
karena penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Wawancara akan dilakukan
dengan informan yang telah dipilih dengan mengajukan pertanyaan mulai dari yang
umum hingga yang lebih mendalam.
2. Observasi Selain wawancara
mendalam, peneliti juga akan melakukan observasi lapang.. Observasi yang
dilakukan adalah observasi Non-Participasi dimana dalam observasi ini peneliti
hanya mengamati dan tidak berpatisipasi dalam proses kerja. b. Data Sekunder
Dokumentasi adalah salah satu metode pengumpulan data kualitatif dengan melihat
atau menganalisis hasil-hasil kerja yang dibuat oleh informan. Dokumen tersebut
dapat berupa catatan harian, dokumen resmi internal maupun eksternal. Teknik
Analisis data Tahapan ini dimaksud untuk menganalis data-data yang diperoleh
dari hasil wawancara, pendokumentasian dan observasi langsung dilapangan. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif yaitu
melakukan penafsiran data dengan menggunakan tataran ilmiah atau logika.
Prosesnya diawali dengan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti yang
tercantum dalam teknik pengumpulan data. Data diperoleh dari Komunitas
MakassarVidgram tentunya dengan menggunakan surat izin resmi yang dikeluarkan
oleh Universitas Hasanuddin. Data yang diperoleh kemudian dituangkan dalam
uraian atau laporan lengkap dan rinci. Penyajian data juga diperlukan agar
peneliti mudah untuk melihat gambaran secara keseluruhan atau bagian-bagian
tertentu dari penelitian. HASIL Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar
terhadap Komunitas Makassarvidgram yang menggunakan youtube sebagai sarana
komunikasinya. Peneliti melakukan ekplorasi mendalam agar dapat menjawab
pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana pemanfaatan youtube sebagai sarana
komunikasi bagi komunitas MakassarVidgram. Informasi yang diperoleh dalam
penelitian ini bersumber dari hasil wawancara langsung. Jurnal Komunikasi
KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 266 Dengan kemampuan untuk membuat dan
mengunggah video baik grafis maupun animasi, peluang baru terbuka pada setiap
orang untuk memperluas pengajaran mereka dengan berbagai gaya komunikasi yang
dapat diimplementasikan.(Roodt, 2013) Peneliti mengajukan beberapa pertanyaan
yang terkait dengan permasalahan yang diteliti dan telah disusun untuk diajukan
kepada informan penelitian. Informasi yang diperoleh dibuat dalam bentuk
transkrip, pertanyaanpertanyaan yang penting, dan kemudian di analisis.
1. Pemanfaaatan Youtube dalam sebagai sarana
komunikasi Dari beberapa informan yang telah diwawanacarai oleh peneliti,
pemanfaatan youtube sebagai sarana komunikasi oleh masing-masing informan
memiliki tingkatan yang berbeda. Hal yang membedakan karena masing-masing dari
informan memiliki kebutuhan yang berbeda akan objek yang dicari di youtube yang
tak lepas dari konten mereka saat membuat video-video untuk instagram. Dari
informan IB, ia lebih banyak menggunakan youtube untuk mencari tehknik-tehknik
melakukakan editing video, tools-tools yang digunakan apa saja, dan apa
perkembangan atau berita terbaru saat ini. Referensi terbesar bagi saya yang
bisa di dapat di Youtube adalah tekhnik ngeditnya, kebutuhan produksi lah,
rekaman, software, toolsnya, giftnya, dan sebagainya. Yang seperti itu belum
ada di instagram. (WWC/I/30072016) Sedikit berbeda dengan informan FP yang
lebih sering menggunakan youtube untuk kebutuhan recording voice, ia cenderung
menggunakan youtube untuk mencari instrument-instrumen lagu yang banyak
tersedia di akun youtube. Juga melihat beberapa cover lagu dari orangorang lain
di dunia maya yang ia jadikan sebagai referensinya dalam melakukan cover.
Mengunggah videonya sendiri ke akun youtubenya pun pernah ia lakukakn, namun
hal itu ia hentikan karena melihat respond an interaksi dan minat penggemarnya
melalui instagram lebih banyak. Kali ini ia informan memang sedang
mempersiapkan beberapa hal seperti studio baru, dan beberapa fasilitasnya yang
kemudian akan ia jadikan sebagai lokasi rekaman dan shooting video yang akan di
unggah di akun youtubenya. Jadi memang untuk yang satu ini difokuskan pada youtube.
Yang dilakukan oleh informan ketiga yaitu AB mengenai pemanfaatannya dengan
youtube yaitu ia lebih sering mencari bahan untuk keperluan desain grafis.
Karena informan juga mempunyai minat terhadap desain grafis, jadi mencari bahan
editing, toolsnya dan lain-lain itu adalah salah satu alasan utama ketika ia
melakukan browsing di youtube. Selain itu informan juga memanfaatkan akun
youtubenya untuk menggunggah karya yang ada pada instagramnya, namun tak
sebanyak dan serutin yang di instagram. Hal itu dikarenakan respon dari
penggemarnya lebih banyak ia dapatkan juga melalui akun instagramnya. Informan
juga merasa lebih nyaman melakukan interasi dengan para followersnya di
instagram.“Selain itu kalau diinstagram lebih gampang sosialisasi dengan
followers, bisa saling balas-balas komen, atau bisa juga lewat dm.”
(WWC/III/01082016) Informan keempat yaitu yusuf lebih sering memanfaatkan
youtube untuk Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 267
mencari sesuatu yang sedang IN atau yang sedang viral di dunia maya. Ia juga
sangat suka melihat video-video blogger yang sedang marak-maraknya meramaikan
youtube saat ini. Ia juga jadi bisa memantau update-an aktris-aktris idolanya
di youtube yang sudah menjadi langganan channelnya. Memanfaatkan youtube
sebagai hiburannya saja untuk bersenangsenang sekaligus untuk melepas kepenatan
itulah yang dilakukan oleh informan keempat.“karena sekarang kan sudah ramai
tuh artis-artis ngerekam aktifitas mereka sehari-hari, nge-vlog gitu. Jadi itu
yang bikin sering nge-youtube.” (WWC IV/29092016) Informan kelima, rezky
memanfaatkan youtube sebagai salah satu tempat ekisistensi dirinya juga. hal
itu dikarenakan ia juga aktif mengunggah video-videonya di akun youtubenya
sendiri. Selain untuk kepentingan prinadi videonya, ia juga biasa menggunakan
youtube untuk mencari sesuatu yang baru seperti trailer fil-film baru ataupun
musicmusic video terbaru yang sedang hits. Atau menurutnya ia juga bisa melihat
ketertinggalan acara tv yang biasanya tidak sempat ia tonton di televisi tapi
ia bisa menemukannya di channel youtube. Ia juga menganggap bahwa youtube
sangat memudahkan segalanya, karena sudah banyak tutorial yang secara bebas
tersedia di channel-channel youtube. “terus kalau mau belajar sesuatu gampang,
banyak tutorial yang tersedia. Apalagi sekarang lagi banyak orang eksis-eksis
di youtue, ngevlog dll.” (WWC/V/29092016) Informan terakhir yaitu triananta
menjadikan youtube sebagai salah satu teman setelah ia bekerja tugas. “Bukan
suka sih, tapi sering. Misalnya ada tugas kan, apalagi kalau kerja tugas juga
tempatnya pasti di warkop yang wifi available. Jadi sembari kerja tugas, paling
larinya nonton youtube.” (WWC/VI/30092016). Ia juga menyatakan bahwa tayangan
atau video-video yang ia dapatkan diyoutube tidak semua bisa didapatkan melalui
tayangan televisi. Dan memang kebanyakan kebutuhan yang di cari oleh informan
yang satu ini hanya bersumber oleh link-link yang disediakan di youtube. Tapi
ia juga berasumsi bahwa tidak semua bisa langsung didapatkan diyoutube dengan
perumpamaan seperti ini : Sebenarnya apa yang kita cari juga biasanya tidak
langsung ada, tergantung yang kita butuhkan. Misalnya kalau genre saya kan suka
nonton video dance, terus semisal ada video perlomba ngedance dari luar negeri
yang waktu lombanya itu baru kemarin, kita cari besoknya juga belum tentu ada.
Paling ada rentan sekitar seminggu dulu. Jadi mesti nunggu
dulu.(WWC/VI/30092016) Beberapa pemanfaatan bagi anggota komunitas
makassarvidgram tentu berbeda-beda sesuai kebutuhan masingmasing. Intensitas penggunnaan
youtube juga bergantung seberapa butuhnya informan terhadap informasi yang
disediakan oleh youtube.
1. Kelebihan dan kelemahan
youtube sebagai sarana komunikasi Masing-masing informan mempunyai penilaian
tersendiri terhadap kelebihan dan kekurangan youtube sebagai media komunikasi
mereka. Hal itu berkaitan langsung dengan pemanfaatan youtube bagi
masing-masing personal. Memberikan penilaian pun secara informantif tergantung
dari seberapa bermanfaatnya youtube bagi masingmasing informan. Mengenai
kelebihan dan Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 268
kekurangan youtube sebagai sarana komunikasi bagi informan IB sendiri lebih
menekankan kepada kelebihannya yang beranggapan bahwa youtube sangat memudahkan
segala terdapat banyak sekali pilihan konten yang tidak hanya satu, meskipun
penyedianya juga dari orang lain, dan video-video di youtube itu bisa di cari
hanya dari judulnya, ini yang memudahkan orang-orang untuk menemukan apa yang
mereka cari. Kelebihannya, menurut saya di youtube itu ramai sekali, soal tips
and trik, tutorial, dan itu tidak hanya satu tapi banyak sekali. Tidak mungkin
yang seperti ini di dapat di instagram, cobami search video di insta, kan tidak
bisa. (WWC/I/30072016) Menanggapi pertanyaan seputar kekurangan dan kelebihan
youtube oleh informan FP, ia lebih mengkhawatirkan kekurangannya pada masih
banyaknya konten-konten yang berbau negative seperti pornografi dan video-video
yang mengandung unsur sara. Tapi ia merasa sangat terbantu dengan banyaknya
videovideo youtube yang menawarkan instrument-instrument lagu dan videovideo
yang menurutnya sangat membantunya dalam menambah referensi, itu yang menjadi
kelebihan youtube menurut informan FP. Kalau saya sih terus terang yang
negativenya itu banyak seperti yang pornoporno atau yang berbau sensual itukan
tidak baik, tapi manfaatnya bagi saya itumi yang bantuka dapat instrument,
terus banyak juga video-video cover di youtube yang buat motivasi untuk cover
lebih bagus lagi dan sebagainya. (WWC/II/31072016) Tak jauh beda dengan
pendapat dari informan lainnya, informan ketiga yaitu barka juga merasa
kelebihan youtube dalam hal menyediakan konten yang begitu banyak, beragam, dan
dari mana saja sumbernya yang tak terbatas sangat membantunya dalam kaitannya
dengan desain grafis. Informan kelima yaitu yusuf melihat kelebihan dan
kekurangan youtube sebagai berikut : Kelebihannya itu mudah diakses, kan
sekarang itu youtube ada apps nya sendiri jadi sudah bisa buka di hp, nggak
perlu harus lewat laptop atau computer lagi kayak dulu. Terus kekurangannya,
biasanya kalau ada orang ngupload karyanya, banyak sekali tuh muncul dikolom
komentar yang negative-negative. Seharusnya dari pihak youtube adalah
larangan-larangan orang jangan sampai berkomentar yang kasar di social media
juga. karena itu bsia menjadi bullying bagi si pemilik karya itu.
(WWC/IV/29092016) Ia tak begitu menyukai dengan tanggapan negative yang lebih
banyak dilayangkan oleh orang-orang bersosial media khususnya di youtube,
menurutnya itu bisa menimbulkan cyber bullying yang berdampak tidak baik bagi
para pengguna di dunia maya. Rezky akbar atau informan kelima lebih melihat
banyak kelebihan pada youtube karena menurutnya youtube sangat membantu
khususnya bagi para generasi muda untuk meng-eksiskan diri, salah satu media
untuk menyalurkan bakatnya juga. “Yang untuk anak muda membantu buat eksis,
wadah tempat eksis lah, banyak teman di dunia maya.” (WWC/V/29/2016) Sementara
informan keenam yaitu muhammad tri ananta melihat kelebihan dan kekurangan
youtube seperti ini : Kelebihannya sih banyak video-video yang bisa dinonton
yang kita tidak dapat lihat di tv, istilahnya beragam lah. Belajar Jurnal
Komunikasi KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 269 bahasa orang lain juga.
kalau kurangnya, biasa banyak orang-orang kurang kerjaan yang upload video
tidak penting atau kontennya yang tidak sesuai itu mestinya tidak usah.
(WWC/VI/30092016) Menurut ananta juga youtube sangat memudahkan dalam
komunikasi seputar bahasa. Karena ditelevisi kita hanya terbatas menemukan
bahasa asing hanya kebanyakan berpusat pada bahasa inggris, namun di youtube
segala jenis bahasa yang ingin dipelajari pun tersedia. Dan hal inilah yang
membuat informan sangat menyukai youtube. 3. Kelebihan dan kelemahan youtube
sebagai sarana komunikasi Masing-masing informan mempunyai penilaian tersendiri
terhadap kelebihan dan kekurangan youtube sebagai media komunikasi mereka. Hal
itu berkaitan langsung dengan pemanfaatan youtube bagi masing-masing personal.
Memberikan penilaian pun secara informantif tergantung dari seberapa
bermanfaatnya youtube bagi masingmasing informan. Mengenai kelebihan dan
kekurangan youtube sebagai sarana pembelajaran bagi informan IB sendiri lebih
menekankan kepada kelebihannya yang beranggapan bahwa youtube sangat memudahkan
segala terdapat banyak sekali pilihan konten yang tidak hanya satu, meskipun
penyedianya juga dari orang lain, dan video-video di youtube itu bisa di cari
hanya dari judulnya, ini yang memudahkan orang-orang untuk menemukan apa yang
mereka cari. Kelebihannya, menurut saya di youtube itu ramai sekali, soal tips
and trik, tutorial, dan itu tidak hanya satu tapi banyak sekali. Tidak mungkin
yang seperti ini di dapat di instagram, cobami search video di insta, kan tidak
bisa. (WWC/I/30072016) Menanggapi pertanyaan seputar kekurangan dan kelebihan
youtube oleh informan FP, ia lebih mengkhawatirkan kekurangannya pada masih
banyaknya konten-konten yang berbau negative seperti pornografi dan video-video
yang mengandung unsur sara. Tapi ia merasa sangat terbantu dengan banyaknya videovideo
youtube yang menawarkan instrument-instrument lagu dan videovideo yang
menurutnya sangat membantunya dalam menambah referensi, itu yang menjadi
kelebihan youtube menurut informan FP. Kalau saya sih terus terang yang
negativenya itu banyak seperti yang pornoporno atau yang berbau sensual itukan
tidak baik, tapi manfaatnya bagi saya itumi yang bantuka dapat instrument,
terus banyak juga video-video cover di youtube yang buat motivasi untuk cover
lebih bagus lagi dan sebagainya. (WWC/II/31072016) Informan kelima yaitu yusuf
melihat kelebihan dan kekurangan youtube sebagai berikut : Kelebihannya itu
mudah diakses, kan sekarang itu youtube ada apps nya sendiri jadi sudah bisa
buka di hp, nggak perlu harus lewat laptop atau computer lagi kayak dulu. Terus
kekurangannya, biasanya kalau ada orang ngupload karyanya, banyak sekali tuh
muncul dikolom komentar yang negative-negative. Seharusnya dari pihak youtube
adalah larangan-larangan orang jangan sampai berkomentar yang kasar di social
media juga. karena itu bsia menjadi bullying bagi si pemilik karya itu.
(WWC/IV/29092016) Ia tak begitu menyukai dengan tanggapan negative yang lebih
banyak dilayangkan oleh orang-orang bersosial media khususnya di youtube,
menurutnya itu bisa menimbulkan cyber bullying yang Jurnal Komunikasi KAREBA
Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 270 berdampak tidak baik bagi para pengguna di
dunia maya. Rezky akbar atau informan kelima lebih melihat banyak kelebihan
pada youtube karena menurutnya youtube sangat membantu khususnya bSagi para generasi
muda untuk meng-eksiskan diri, salah satu media untuk menyalurkan bakatnya
juga. “Yang untuk anak muda membantu buat eksis, wadah tempat eksis lah, banyak
teman di dunia maya.” (WWC/V/29/2016) Sementara informan keenam yaitu muhammad
tri ananta melihat kelebihan dan kekurangan youtube seperti ini : Kelebihannya
sih banyak video video yang bisa dinonton yang kita tidak dapat lihat di tv,
istilahnya beragam lah. Belajar bahasa orang lain juga. kalau kurangnya, biasa
banyak orang-orang kurang kerjaan yang upload video tidak penting atau
kontennya yang tidak sesuai itu mestinya tidak usah. (WWC/VI/30092016) Menurut
ananta juga youtube sangat memudahkan dalam pembelajaran seputar bahasa. Karena
ditelevisi kita hanya terbatas menemukan bahasa asing hanya kebanyakan berpusat
pada bahasa inggris, namun di youtube segala jenis bahasa yang ingin dipelajari
pun tersedia. Dan hal inilah yang membuat informan sangat menyukai youtube.
PEMBAHASAN Youtube sebagai sarana komunikasi Youtube merupakan sebuah wujud dari
salah satu social media yang masuk kedalam kategori Media Baru. Media baru
sendiri merupakan bagian dari teori komunikasi massa, dimana komunikasi massa
adalah komunikasi yang menggunakan media massa dalam penyampaian infromasi
kepada khalayak banyak. Berdasarkan macam-macam teori komunikasi massa, media
baru masuk sebagai salah satu kategori yakni media yang mempunyai ciri khas
yang menonjol dalam penggunaan membiaskan massa historis apapun, mengikat
waktu, dan mengikat ruang. Dimana media tersebut muncul sebagai sebuah pikiran
manusia yang diciptakan untuk memaksakan manusia dikuasai oleh media. Teori ini
juga berkaitan dengan teori kritis, dimana media dijadikan alat untuk
kepentingan hiburan, politik, informasi, Entertaiment. Jadi teori new media
baru muncul kemudian setelah teori komunikasi massa berkembang. Dikaitkan
dengan teori uses and gratification yang juga merupakan bagian dari Teori
Komunikasi Massa, menurut Herbert Blummer dan Elihu Katz , Teori uses and
gratifications (kegunaan dan kepuasan dalam bukunya The Uses on Mass
Communications: Current Perspectives on Gratification Research mengatakan bahwa
pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media
tersebut. Dengan kata lain, pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses
komunikasi. Pengguna media berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik
di dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Artinya, teori ini mengasumsikan bahwa
penngguna mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya. Ada
beberapa asumsi dasar tentang teori Uses and Gratification ini, diantaranya :
1. Audiens adalah aktif, dan penggunaan media
berorientasi pada tujuan.
2. Inisiative yang menghubungkan
antara kebutuhan kepuasan dan pilihan media spesifik terletak di tangan audiens
Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 5 No.2 Juli - Desember 2016 271
3. Media bersaing dengan sumber-sumber lain dalam
upaya memuaskan kebutuhan audiens
4. Orang-orang mempunyai
kesadaran-diri yang memadai berkenaan penggunaan media, kepentingan dan
motivasinya yang menjadi bukti bagi peneliti tentang gambaran keakuratan
penggunaan itu.
5. Nilai pertimbangan seputar
keperluan audiens tentang media spesifik atau isi harus dibentuk. Berbeda
dengan teori media baru, Teori ini lebih menekankan pada pendekatan manusiawi
dalam melihat media massa. Artinya, menusia itu mempunyai otonomi, wewenang
untuk memperlakukan media. Menurut pendapat teori ini, konsumen media mempunyai
kebebasan untuk memutuskan bagaimana (lewat media mana) mereka menggunakan
media dan bagaimana media itu akan berdampak pada dirinya. Teori ini juga
menyatakan bahwa media dapat mempunyai pengaruh jahat dalam kehidupan. Kita
bisa memahami interaksi orang dengan media melalui pemanfaatan media oleh orang
itu(uses) dan kepuasan yang diperoleh (gratification). Gratifikasi yang
sifatnya umum antara lain pelarian dari rasa khawatir, peredaan rasa kesepian,
dukungan emosional, perolehan informasi, dan kontak sosial. Sama halnya dengan
komunitas makassarvidgram yang memilih media youtube sebagai salah satu media yang
dipilih sebagai sarana komunikasi
dengan menyalurkan rasa humor masyarakat
Makassar.
1.
Kelebihan dan kekurangan youtube sebagai sarana komunikasi Terlepas dari segala
konten yang tersedia diyoutube, sekiranya tak selalu menjadi sempurna sesuatu
hal. Walaupun saat ini youtube masih menjadi primadona saat memilih video laman
sharing, namun hal itu juga tak terlepas dari berbagai macam kekurangan yang
terdapat pada social media laman video sharing tersebut. Karena kebutuhan dari
masing-masing individu dalam pencariannya berbeda-beda pada youtube, maka
sesuai komunitas makassarvidgram dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :
Dengan persentase repost atau mengupload ulang video dilaman akun instagram
pada table diatas, dalam seminggu video komedi mendapat bagian untuk di repost
kembali sebanyak 4 kali, sedangkan video lainnya hanya bisa di repost kembali
sekali dalam seminggu. Rumus umum : Misalkan n = jumlah repost per kategori
Hasilnya : 4/42 x 100 % = 9.5 % (Besarnya minat viewers terhadap video komedi)
1/42 x 100 % = 2.3 % (Besarnya minat viewers pada tema video lainnya) Table
1.
Pembagian video harian yang direpost Dimasukan dalam perkalian sederhana, video
komedi mempunyai persentasi 9.2% sedangkan video lainnya hanya mendapatkan
2.3%. Ketentuan merepost ini ditentukan sesuai dari banyaknya permintaan dari
followers atau pengikutpengikut aktif dari Instagram Makassarvidgram saat ini.
COMEDY 9,5 % ART 2,3 % FOOD 2,3 % BEAUTY 2,3 % TRAVELLI NG 2,3 % SPORT 2,3 %
n/42 x 100% = persetanse repost per kategori Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 5
No.2 Juli - Desember 2016 272 Jadi bisa dikatakan dikalangan komunitas
makassarvidgram, youtube sangat berguna bagi sarana komunikasi dalam hal
mengembangkan karya-karya mereka dalam membuat video-video singkat mereka, yang
kemudian diperlihatkan didunia maya
0 komentar:
Posting Komentar