Rumah Belajar berisi bahan belajar interaktif, laboratorium maya, kelas maya, bank soal, katalog media dalam animasi, gambar, presentasi, video, audio,bse.
untuk login dan registrasi klik link ini
untuk login dan registrasi klik link ini
FITUR UTAMA DALAM RUMAH BELAJAR |
1.
PENDAHULUAN
Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id, portal ini menyediakan berbagai bahan belajar serta fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan, juga berisi bahan belajar untuk Guru, bahan belajar siswa, wahana aktivitas komunitas/forum, bank soal dan katalog media pembelajaran. Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, siapapun yang mau belajar. Portal belajar diharapkan menjadi milik komunitas, dengan pengisian konten dan aktivitas dari dan untuk komunitas belajar. Sedangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dalam hal ini Pustekkom sebagai inisiator, fasilitator dan regulator.
Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id, portal ini menyediakan berbagai bahan belajar serta fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan, juga berisi bahan belajar untuk Guru, bahan belajar siswa, wahana aktivitas komunitas/forum, bank soal dan katalog media pembelajaran. Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, siapapun yang mau belajar. Portal belajar diharapkan menjadi milik komunitas, dengan pengisian konten dan aktivitas dari dan untuk komunitas belajar. Sedangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dalam hal ini Pustekkom sebagai inisiator, fasilitator dan regulator.
1.
2. SOSIALISASI
& PELATIHAN
Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang diharapkan dapat membantu para pendidik, peserta didik dan semua lapisan masyarakat mendapatkan sumber belajar. Untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Pustekkom menerapkan model pelatihan dengan Multilevel Training.
Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang diharapkan dapat membantu para pendidik, peserta didik dan semua lapisan masyarakat mendapatkan sumber belajar. Untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Pustekkom menerapkan model pelatihan dengan Multilevel Training.
Dengan
model pelatihan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat
terhadap Rumah Belajar sebagai salah satu Pusat Sumber Belajar. Terutama bagi
guru Selain sebagai trainer, trainer/master trainer berfungsi juga sebagai
pengelola dan pengisi konten Rumah Belajar.
Secara
keseluruhan dengan adanya Rumah Belajar dan aplikasi Manajemen Pelatihan dapat
menjadi wahana pengembangan dan peningkatan kompetensi guru dan siswa.
Dalam
rangka sosialisasi tersebut, Pustekkom telah melatih Pendidik dan Tenaga
Kependidikan dari 33 provinsi se-Indonesia,
termasuk
untuk provinsi Sumatera Selatan mendapat kesempatan dilatih sebanyak 3 orang
yakni Dr. Suhuri, M.Pd dari SMAN 2 Palembang, Drs.H. Ahmad Aryus dari SMAN 6
Palembang dan Dra. Nur Asmi dari UPTD Balai Tekkomdik Provinsi Sumatera
Selatan.
Selanjutnya
sosialisasi pemanfaatan rumah belajar untuk guru-guru di Provinsi Sumatera
Selatan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan
melalui UPTD Balai Tekkomdik Sumsel bersama ketiga orang yang telah
dilatih tersebut yang bertindak sebagai nara sumber dan fasilitator diklat.
Adapun
diklat yang dilaksanakan telah selesai diselenggarakan dengan sukses sejak
tanggal 4 Juni 2012 sampai dengan 26 September 2012 sebanyak 8 Angkatan
Pelatihan, dan tiap angkatan terdiri 50 orang peserta yang berasal dari jenjang
guru SD, SMP, SMA dan SMK dari 15 kabupaten yang diundang diklat.
Selama
diklat berlangsung yang diadakan di Balai Tekkom Jl. K.S. Tubun 10 Palembang
ini dibantu Tim Narasumber sebanyak 2 orang yaitu Drs.Rozali, M.Pd dan Drs.Edi Ramlan,
M.Pd., keduanya bertugas selaku pendidik di SMAN 3 Palembang yang telah
berpengalaman menjadi narasumber pelatihan, dimana selain memberikan materi
sosialisasi rumah belajar juga penambahan materi diklat a.l. Pembuatan Bahan
Ajar berbasis Macro Media Flash, Movie Maker dan MS. OneNote dengan bertemakan
Pelatihan Pengembangan TIK Berbasis Multimedia dan Web, penyelenggaraan diklat
ini dapat berjalan baik dan diikuti para peserta diklat dengan sangat antusias
sekali.
Di
sela diklat tersebut juga telah dilaksanakan pula TOT untuk tingkat
Kabupaten/Kota sebanyak 2 kali dengan mengundang narasumber dari Pustekkom dan
Kemendikbud RI.
Seluruh
peserta diklat yang dilatih telah bergabung dalam Komunitas Rumah Belajar
Kemdikbud di Jejaring Sosial Facebook. Dengan demikian selain dilatih tentang
pemanfaatan rumah belajar juga sekaligus peserta dimotivasi untuk dapat
melek IT, dan diharapkan mampu mengkoordinir dalam pengembangan TIK di daerah
dan lingkungan pendidikan setelah mendapatkan manfaat dari diklat ini.
1.
3. PEMANFAATAN
PORTAL RUMAH BELAJAR
Di
dalam portal atau situs rumah belajar sebagaimana terlihat pada gambar di atas
yakni di bagian beranda disediakan fasilitas dan menu yang didesign &
diperuntukkan mulai dari jenjang Pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK hingga
Perguruan Tinggi. Selain arahnya memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik
mendapatkan bahan materi seputar pembelajaran juga satu sisi dipersiapkan ke
depan menjadi tolak ukur keprofesionalan para pendidik dalam menyesuaikan
tuntutan perkembangan zaman.
Untuk
itu tidak ada lain bagi seorang guru sebagai pendidik yang professional harus
berusaha memahami dan mempelajari portal ini lebih jauh lagi dan tidak sekedar
melek IT akan tetapi menambah wawasan IPTEK dengan pola sharing, aktifitas
ber-apload dan download.
Adapun
fasilitas utama pada Portal Rumah Belajar ada 5 macam sebagai berikut:
Manfaat
1.
Sebagai sumber
bahan belajar, meliputi Materi Pokok; Modul
Online; Pengetahuan Populer; Bank Soal/Uji Kompetensi; Multimedia Interaktif;
Video on Demand (VoD), dan dapat di download dan digunakan sesuai kebutuhan
belajar.
2.
Sebagai sarana
komunikasi dan kolaborasi: antar
individu pendidik, antar peserta didik, antar sekolah, berbagi ide dan
pengalaman, berita, artikel dengan pengguna lainnya melalui fasilitas forum,
serta untuk menampilkan profil sekolahnya sebagai subdomain rumah
belajar.
3.
Sebagai wahana
pengembangan profesionalisme guru, meliputi
mengembangkan rencana pembelajaran di template RPP, bahan ajar
yang sesuai kurikulum dan media pembelajaran (gambar, video, animasi, simulasi,
audio, dan presentasi).
1.
4. LANGKAH-LANGKAH
MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR
Untuk
memulai langkah menggunakan portal ini adalah dengan menuliskan alamat situs www.belajar.kemdikbud.go.id.
Setelah tampil beranda / halaman muka situs maka langkah berikutnya sbb:
1.
Klik menu “Register” yang ada di
bagian kanan atas, lalu setelah tampil isilah data yang diminta dengan
mengikuti petunjuk yang telah tersedia pada masing-masing kolom hingga berakhir
dengan menuliskan kembali kode yang tampil dan mengklik tombol “submit”. Proses
registrasi ini sebagai syarat untuk menjadi anggota di dalam portal rumah
belajar.
2.
Setelah selesai proses registrasi,
klik tombol “sign out”, baru langkah berikutnya dengan meng-klik “Login” agar
dapat memasuki menu-menu di dalam portal rumah belajar. Tentunya proses login
dengan menuliskan user name dan password yang telah didaftarkan pada proses
registrasi sebelumnya.
3.
Jika telah tampil menu-menu seperti
pada gambar berikut :
Ini
artinya sudah siap kita manfaatkan untuk mengisi konten seperti membuat RPP,
membuat bahan ajar berbasis video, animasi, audio, media presentasi powerpoint
atau MS OneNote dll. Juga dapat sebaliknya mendownload konten tersebut yang
sudah tersedia di dalamnya. Sehingga dapat sharing bersama pendidik dari
berbagai daerah di Indonesia yang menjadi komunitas rumah belajar. Selain itu
bermanfaat pula bagi peserta didik untuk mendapatkan berbagai bahan
pembelajaran yang menarik termasuk bank soal.
Layanan
Rumah Belajar hadir diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan siswa dan guru di
sekolah. Selain menyediakan berbagai materi pengetahuan tingkat SD, SMP dan SMA
juga memberikan ruang untuk saling berkomunikasi, berbagi pengalaman
secara virtual. Layanan ini akan memberikan alternatif media pendidikan yang
sesuai dengan kondisi budaya dan lingkungan pendidikan di Indonesia. Seperti
kita ketahui masih kurang sekali alternatif media pendidikan yang berbasiskan
internet dalam dunia pendidikan Indonesia dan masih kalah jika dibandingkan
dengan konten dan media yang berasal dari luar negeri. Melalui layanan Rumah
Belajar ini, maka keragaman materi belajar, model interaksi belajar dan kemasan
konten disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Pemanfaatan
Rumah Belajar diharapkan memberikan pengaruh terhadap terbentuknya:
1.
Pembinaan guru secara berkelanjutan
2.
Pengembangan kreatifitas siswa
3.
Pengembangan komunitas
Terbentuknya
3 kondisi di atas dikarenakan beberapa proses yang terjadi di dalam Rumah
Belajar sehingga membentuk beberapa aktifitas mandiri yang bermanfaat bagi
pembentukan dampak positif terhadap pengguna Rumah Belajar baik guru, peserta
didik ataupun masyarakat (komunitas) yang secara aktif memanfaatkan layanan‐layanan di dalam Rumah Belajar sesuai dengan kapasitasnya.
0 komentar:
Posting Komentar